Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Magnet melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kajen

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Fajar Kurniawan
Yulia Maftuhah Hidayati
Siti Samsiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA materi gaya magnet melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kajen. Penelitian difokuskan pada penerapan metode eksperimen dalam peningkatan hasil belajar materi gaya magnet dengan melakukan dua siklus tindakan. Data diperoleh dengan teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan-perubahan kearah perbaikan, baik yang terkait dengan guru maupun peserta didik. Keberhasilan ini dilihat dari dua kriteria keberhasilan yaitu proses dan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya magnet. Nilai rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 9 siswa (64,29%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 14 (100%) meningkat 5 siswa (35,71%). Nilai rata-rata dari 75,00 menjadi 82,25 meningkat sebesar 7,25.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kurniawan , M. F., Hidayati , Y. M., & Samsiyah, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Magnet melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kajen. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 79-86. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.205

References

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahri, D. S., & Zain, A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana.
Jannah, F. (2015). Inovasi Pendidikan dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas. Prosiding Seminar Nasional (pp. 27-32). Lampung: PS2DMP UNLAM.
Mahmudin. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4.
Pramitha, I. K. (2012). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Konsep Getaran dan Gelombang. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta: Tidak dipublikasikan.
Rubianto, R. (2013). Metode Penelitian Tindakan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rustaman, N., & dkk. (2012). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Saul, S. (2013). Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 20 Sungai Keli, Kabupaten Landak. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.
Sholikhah, R. A. (2014). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Eksperimen Kelas V SD Negeri Sedayu Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprianti, D. (2014, Januari 20). Penggunaan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA. Retrieved from http://dhiasuprianti.wordpress.com