Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Energi Melalui Media Ular Tangga Siswa Kelas IVb di SD Negeri Nglorog 1

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Bad’ul Muamalah
Muhroji
Wahyu ratnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui media ular tangga pada peserta didik Kelas 4B SD Negeri Nglorog 01 sragen. Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas 4B SD Negeri Nglorog 01 dengan rincian 9 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Informan penelitian ini adalah walikelas IV B. menggunakan pengumpulan data tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Setiap tahap memiliki 4 langkah, yaitu perencanaan, observasi, Tindakan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar pada prasiklus sebanyak 7 peserta didik tuntas (41%) meningkat menjadi 12 peserta didik tuntas (70%) pada siklus I dan meningkat menjadi 14 peserta didik tuntas (82%) pada siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan melalui penerapan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4B SD Negeri Nglorog 01 Sragen

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Muamalah, B., Muhroji, & ratnawati, W. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Energi Melalui Media Ular Tangga Siswa Kelas IVb di SD Negeri Nglorog 1 . Educatif Journal of Education Research, 4(3), 126-131. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.212

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77. Avaible from: https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Ariyanto, Metta. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. Vol. 3 (2): 134-140. Avaible from: https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/3844
Iskandar (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press Group.
Pratiwi, NK, 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga: Volume 1, Nomor 2. Avaible from: http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/view/320
Randi Catono, 2013. Gerbang Kreativitas Jagat Permainan Interaktif .Jakarta: Bumi Aksara.
Samino dan Marsudi, S (2015). Layanan Bimbingan Belajar. Solo: Fairuz Media
Slameto (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Savitri, A. D., Laksono, K., Rhubido, D., Pramono, M., Susanto, I. H., & Tyasnurita, R. (2020). Development of Vocabulary Using Ladder Snake Game. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Avaible from: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201201.13 828–832.