Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Guided Writing Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 6 Jimbung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ahmad Fakhrurrozi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan proses pembelajarannya menggunakan metode sosiodrama pada siswa kelas III SD Negeri Demakijo 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini berjumlah 31 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, catatan lapangan, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatan hasil dan proses pembelajaran  keterampilan berbicara siswa. Nilai rata-rata berbicara pada pra tindakan sebesar 63,26 menjadi 71,1 pada siklus I, dan meningkat menjadi 80,76 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa juga meningkat dari pra tindakan  sebesar 3,22%,menjadi 51,6% pada siklus I, dan 87% pada siklus II. Peningkatan proses pembelajaran yaitu siswa menjadi aktif dan fokus dalam mengikuti pembelajaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fakhrurrozi, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Metode Guided Writing Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 6 Jimbung. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 215-223. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.225

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Akhadiah M.K.S., Zulfahnur Z.F., & Arsjad M.G., el al. (1992). Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Aunurrahman.(2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Haryadi & Zamzani. (1997). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal pendidikan Tinggi.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1998). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Moedjiono & Dimyati, M. (1992). Setrategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Muslich, M. & I Gusti Ngurah Oka.(2010). Perencanaan Bahasa Pada Era Globalisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zahroh & Sulistyorini. (2010). Strategi Kooperatif dalam Pembelajaran Menyimak berbicara. Malang: Asah Asih Asuh (A3).