Peningkatan Motivasi Belajar IPS melalui Metode Mind Mapping Siswa Kelas IV SDN 1 Purwogondo

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ulva Aulia Zhein
Rahayu Condro
Nurudin Nurudin

Abstract

Pada masa pandemi saat ini pendidikan di Indonesia dituntut guru supaya lebih kreatif, inovatif, dan mengenal teknologi. Sebagai fasilitator guru harus mampu berkreasi dan memiliki strategi belajar yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar sangatlah berpengaruh besar menentukan tujuan siswa dalam belajar. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang memiliki banyak materi sehingga banyak dari siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan. Tujuan dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peningkatan pemahaman materi IPS, khususnya materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia kelas IV SDN 1 Purwogondo di Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan menggunakan Metode Mind Mapping. Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan berdasar metodologi action research, yaitu (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) pengamatan dan evaluasi, (4) refleksi, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil dari penggunaan metode mind mapping pada siklus I, menyebutkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari 74,10% di siklus I menjadi 84,00% di siklus II. Dari penelitian kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode mind mapping, mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Purwogondo di Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021, mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zhein, U. A., Condro, R., & Nurudin, N. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar IPS melalui Metode Mind Mapping Siswa Kelas IV SDN 1 Purwogondo. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 224-227. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.226

References

Ahmad Susanto. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Aprinawati, Iis. 2018. Penggunaan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Vol 2.
Aris Shoimin. 2014. 68 Metode Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Femi Olivia. 2008. Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: PTGramedia.
Huda Miftathul. 2013. Metode-Metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Kurniawan, Budi dkk. 2017. Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 4.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.104 Tahun 2014 tentang Penilaian Motivasi belajar oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Purwanto. 2010. Evaluasi Motivasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rahman. 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. IAIN Antasari Banjarmasin. Vol 2.
Susanti, Sri. 2016. Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi belajar IPS di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 1.
Suwaib. 2016. Penerapan Metode Problem Based-Learning Berbantuan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 002 Sebatik Utara Kabupaten Nunukan. Universitas Negeri Surabaya. Vol 6.
Uno, Hamzah B. 2017. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wilda Dwi Anggaeni dkk. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA. Universitas Tanjungpura Pontianak.
W. S. Winkel. 2012. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi