Pengelolaan Administrasi Perpustakaan di SDN Kenokorejo 01

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Esti Handayani
Didit Rendra Setiawan
Semiati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan administrasi perpustakaan di SD Negeri Kenokorejo 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi.


keabsahan data yang digunakan dengan cara triangulasi metode. Analisis data dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Perencanaan perpustakaan meliputi program kerja perpustakaan jangka panjang dan jangka pendek. Pengorganisasian susunan struktur organisasi perpustakaan dibentuk untuk meningkatkan kualitas perpustakaan dengan memaksimalkan tugas sesuai dengan bidang layanan. Pelaksanaan layanan perpustakaan menggunakan layanan sirkulasi terbuka, sistem pengolahan bahan pustaka meliputi kegiatan inventarisasi, pengecapan, klasifikasi umum, labeling, katalog, shelving, dan filling. Proses evaluasi dilaksanakan rutin setiap tahunnya dengan mendata jumlah koleksi buku dan pengunjung serta peminjaman buku.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Handayani, E., Setiawan, D. R., & Semiati. (2022). Pengelolaan Administrasi Perpustakaan di SDN Kenokorejo 01. Educatif Journal of Education Research, 4(2), 107-110. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i2.252

References

Horwood, Lynne, dkk. 2003. OAI compliant institutional repositories and the role of library staff. University of Melbourne.
Mohammed. 1997. American International Journal of Contemporary Research Vol. 2 No. 6; June 2012.
Noerhayati. 1987. Pengelolaan Perpustakaan. Bandung: Alumni.
Rahayuningsih. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yusuf, Pawit M. Dan Suhendar, Yaya. 2007. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Kencana Prenada Media.