Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Uang Kertas menggunakan Model Role Playing Siswa Kelas II SD Negeri 3 Dermaji Tahun Pelajaran 2020/2021

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Gita Prihastiwi Permana

Abstract

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matemtika Materi Uang Kertas Menggunakan Role Playing Siswa Kelas II SD Negeri 3 Dermaji Tahun Pelajaran 2020/2021”. Penelitian tindakan kelas ini didasari dari rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Matematika materi “Uang Kertas” Kelas II SD Negeri 3 Dermaji. Tujuan perbaikan pembelajaran adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil siswa kelas Kelas II SD Negeri 3 Dermaji muatan  pelajaran Matematika materi “Uang Kertas”. Peneliti melaksanakan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran, peneliti mengadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing dengan menerapkan prinsip dan langkah PTK yaitu yaitu merencanakan (Planning), melakukan tindakan (Acting), mengamati (Observing) dan refleksi (Reflecting) dan dilakukan secara berdaur.  Peneliti melaksanakan penelitian ini dalam 2 siklus perbaikan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari perbaikan pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran model Role playing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di Kelas II SD Negeri 3 Dermaji. Pada siklus I siswa aktif  sebesar 72.2%, siklus II sebesar 88.9%. Penggunaan model pembelajaran model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas II SD Negeri 3 Dermaji. Pada pra siklus sebesar 33.7%, siklus I sebesar 66.7%, dan siklus II sebesar 100%, sehingga peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus II sebesar 66.3%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Permana, G. P. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Materi Uang Kertas menggunakan Model Role Playing Siswa Kelas II SD Negeri 3 Dermaji Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 53-67. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.47

References

1. Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124-132.
2. Basri, Hasan. "Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang." Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 1.1 (2017): 38-53.
3. Ign, Masidjo. "Penelitian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah." Yogyakarta: Kanisius (2007).
4. Karim, Asrul. "Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar." Jurnal pendidikan 1.1 (2011): 21-32.
5. Khoir, Sabikul. Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui metode drill (latihan) pada pokok bahasan operasi bilangan pecahan peserta didik kelas VII-B semester gasal MTs NU Nurul Huda Mangkang Kota Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Diss. IAIN Walisongo, 2009.
6. Kristin, Firosalia. "Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD." Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6.2 (2016): 74-79.
7. Lubis, Wildan Achmad. Peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan metode kerja kelompok untuk kelas III SDN Sepatan Kabupaten Tulungagung. Diss. University of Muhammadiyah Malang, 2017.
8. Sudijono, Anas. Pengantar evaluasi pendidikan. PT RajaGrafindo, 1998.
9. Sugiyono, Prof Dr. "Metode penelitian pendidikan." Pendekatan Kuantitatif (2010).
10. Tarigan, Arleni. "Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui." Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5.3 (2016): 102-112.
11. Zuldafrial & Lahir, M. "Penelitian kualitatif." Surakarta: Yuma Pustaka (2012).