Implementasi Media Video Animasi Interaktif Secara Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Tulung 03 Pada Tema 8 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Purwati Purwati

Abstract

Pandemi Covid19 membawa perubahan yang signifikan pada berbagai aspek. Pembelajaran memerlukan berbagai inovasi yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa mengabaikan nilai kemanusiaan dan hakikat pendidikan. Transformasi pendidikan ini mengharuskan guru dan siswa beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi yang sesuai. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tema 8 di rumah secara daring sangat menantang. Namun pada kenyataannya masih sering dijumpai kelemahan-kelemahan dalam proses pembelajaran tema 8 secara daring ini. Observasi awal di kelas IV SDN Tulung 03 dalam pembelajaran tema 8 terdapat beberapa temuan yaitu kurang optimalnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa bersifat pasif. perlu dilaksanakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema 8 yang berjudul “Implementasi Media Video Animasi Interaktif Secara Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Tulung 03 pada Tema 8 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Tulung 03 Kecamatan Saradan sebanyak dua siklus terdiri dari siklus I dan siklus II.  Pendekatan PTK ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi keaktifan siswa.  Prosentase ketuntasan secara siklus I ke siklus II sejumlah 31%. Prosentase kenaikan keaktrifan siswa secara siklus I ke siklus II sejumlah 31%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasannya maka dapat disimpulkan bahwa implementasi media video animasi interaktif secara daring dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa Kelas IV SDN Tulung 03 pada tema 8 semester 2 tahun pelajaran 2020/2021.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purwati, P. (2021). Implementasi Media Video Animasi Interaktif Secara Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Tulung 03 Pada Tema 8 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 124-134. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.76

References

Anderson, Ronald H, “Selecting and Developing Media for Instruktion Van Nastrand Reinhold Compay, New York, 1983
Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: UNS
Ardian, Y. dan Abdah, Y.S. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IV pada SD Negeri Karanganyar 02 Paiton Probolinggo. Universitas Kanjuruan Malang.
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Asyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aunurrohman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Bilfaqih, Y. (2015). Esensi pengembangan pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV. Budi Utama
Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S.B dan Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Magdalena, I., Erdian, A. E., & Marcelino, R. (2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri Poris Pelawad 03 Kota Tagerang. BINTANG, 2(2), 300-313.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.
Nurlatifah, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Powerpoint Interaktif pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngrukeman Kasihan Bantul. PGSD, Universitas PGRI Yogyakarta.
Purnamasari, I., Pudjawan, K., Sudhata, I.G.W. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas V di SDN 3 Songan. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha 2 (1): 1-11
Retno, R. S., Utami, S., & Yuhanna, W. L. (2019, December). Analisis kemandirian siswa sekolah dasar melalui penerapan green living. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS (Vol. 4).
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Sardiman, A.S., Rahardjo, Haryono, A., Rahardjito. (2010). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Sardiman, A.S., Rahardjo, Haryono, A., Rahardjito. (2010). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susilana, R. dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima
Usman, M.U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Usman, M.U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Yamin. M. (2010). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pers.
Yuhanna, W. L. (2021). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Zoologi Vertebrata di Masa Pandemi Covid19. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 129-137.