Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas-IV Melalui Aplikasi Quizizz Dalam Kegiatan Evaluasi Pemelajaran

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tegar Ponco Ariyanto
Toni Harsan
Krisdiyanyo Hadiprasetyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi semangat belajar siswa melalui aplikasi virtual digital dengan menggunakan aplikasi quizizz dalam kegiatan evaluasi pembelajaran di kelas IV SD Negeri 01 Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari:  Perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatipurwo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, wawancara, observasi, dan angket. Validitas data yag digunakan adalah Triangulasi Sumber dan Waktu. Teknik analisis data menggunakan model analisis interakif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Aplikasi Quizizz pada Kegiatan Evaluasi Pembelajaran  dapat meningkatkan Motivasi Semangat Belajar  pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Jatipurwo Desa Jatipurwo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil pada pra siklus menunjukan skor keaktifan belajar dalam penerapan Aplikasi Quizizz pada Kegiatan Evaluasi Pembelajaran adalah 40%, sedangkan pada siklus I mencapai 46,7% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai 93,3%. Pada pra siklus menunjukan persentase ketuntasan belajar siswa dalam penerapan Aplikasi Quizizz pada Kegiatan Evaluasi Pembelajaran adalah 33,3%, sedangkan pada siklus I mencapai 46,6% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu mencapai 86,7%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ariyanto, T. P., Harsan, T., & Hadiprasetyo, K. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas-IV Melalui Aplikasi Quizizz Dalam Kegiatan Evaluasi Pemelajaran . Educatif Journal of Education Research, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.36654/educatif.v5i1.135

References

1. Alteza, Muniya. 2005. Penerapan Model Pembelajaran Virtual Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
2. Aripin, Ipin. 2018. Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. Universitas Majalengka: Jurnal Bio Education, 3 No. 1 th 2018, Hal 01-09.
3. Cahyani, Adhetya dkk.2020. Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid- 19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, Vol 3 No. 01 Th 2020, 118-134.
4. Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Berserta Contoh Proposal Kualitatif. Pontianak: All Right Reserved.
5. Ismail, 2011, Penelitian Pendidika. Sukoharjo: Univet Bantara Press.
6. Mulatsih, Bekti, 2020. Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google From, dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru: Vol. 5, No. 1 Th 2020, 14-27.
7. Mulyati, Sri dkk, 2020. Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP Negeri Bojonegara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 03 No. 01 Th 2020 (64-73).
8. Nugroho, Dwi Yulianto dkk, 2019. Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di YPK Penabur Bandarlampung. Universitas Pelita Harapan: Vol 2 Th 2019 : 1-9.
9. Oktiani, Ifni.2017. Kreativitas Guru dalam Motivasi Belajar Peserta Didik. Brebes: Jurnal Kependidikan, Vol . 5 N o . 2 th 2017.