Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Video Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aslim Utomo
MS Khabibur Rahman
Esi Sumarsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar dan hasil belajar siswa muatan pelajaran IPA melalui penggunaan Video Pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 02 Wonoboyo. Subjek penelitian adalah 10 siswa, Subjek pelaksana tindakan adalah peneliti sebagai observer. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya sebuah peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar muatan pelajaran IPA pada siswa kelas V melalui media Video Pembelajaran hal ini dapat dilihat dari peningkatan motivasi belajar siswa kelas V sebelum tindakan rendah, siklus I katagori Sedang sebanyak persentasenya 52%, dan pada siklus II katagori tinggi sebanyak persentasenya 80%. Untuk hasil belajar siswa kelas V pada muatan pelajaran IPA meningkat, sebelum tindakan  hasil belajar siswa yang mencapai KKM (≥75) sebanyak 2 siswa atau persentase ketuntasan sebanyak 20%, siklus I sebanyak 5 siswa atau 50%, pada siklus II sebanyak 9 siswa atau 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media Video Pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar muatan pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 02 Wonoboyo Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Utomo, A., Rahman, M. K., & Sumarsih, E. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Video Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar . Educatif Journal of Education Research, 5(1), 14-20. https://doi.org/10.36654/educatif.v5i1.136

References

1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
2. Sudiyana. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cakrabooks dan Bradelvi.
3. Wonorahardjo, Surjani. 2011. Dasar-Dasar SAINS. Jakarta: Indeks-Penerbit.
4. Winataputra, Udin, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
5. Sardirman. 2011. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
6. Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Perss.
7. Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
8. Ronald, H. Anderson. 1994. Pemilihan dan Pengembangan media Video Pembelajaran. Jakarta : Grafindo Perss.
9. Yuniarti, Syamsiati, Hery Kresnadi. (Vol.4 No.7.2015). “Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Video Dalam Pembelajaran IPA”. Pontianak : FKIP Untan.