Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Steam Di Sekolah Dasar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eka Maining Andriana
Ratnasari Dyah Utami
Andari Sehati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan saintifik berbasis STEAM dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 16 Purwodadi tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar peserta didik, yaitu melakukan hal baru, 42,50% menjadi 50,63% (siklus I), 76,88% (siklus II). Menyelesaikan pembelajaran, 41,25% menjadi 54,38% (siklus I), 75,63% (siklus II). Memperhatikan media dan bahan ajar, 35% menjadi 55,63% (siklus I), 76,25% (siklus II). Antusias, 35% menjadi 55,63% (siklus I), 76,25% (siklus II). Berani menjawab, 38,75% menjadi 54,38% (siklus I), 75% (siklus II). Berani mengungkapkan ide, 31,25% menjadi 53,13% (siklus I), 74,38% (siklus II). Teliti, 35% menjadi 55,63% (siklus I), 80,63% (siklus II). Tidak putus asa, 42,50% menjadi 50,63% (siklus I), 76,88% (siklus II). Ulet, 41,25% menjadi 54,38% (siklus I), 76,25% (siklus II). Membuat karya, 33,75% menjadi 56,25% (siklus I), 78,13% (siklus II). Disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbasis STEAM dapat meningkatkan kreativitas belajar pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 16 Purwodadi tahun pelajaran 2020/2021

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Andriana, E. M., Utami, R. D., & Sehati, A. (2021). Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Steam Di Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 3(4), 51-60. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i4.82

References

Akbar, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Alamsyah, N. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. JP (Jurnal Pendidikan, 1(5), 81–88.
Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217–230.
Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39–46.
Effendi, M. (2016). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283–309.
Estriyanto, Y. (2020). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejujuran (JIPTEK), 13(2), 68–74.
Haifaturrahmah, Hidayatullah, R., Maryani, S., & Nurmiwati. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 310–318.
Isbadrianingtyas, N., Hasanah, M., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 901–904.
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, IX(2), 71–82.
Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu Increasing the Critical Thinking Ability of Tadris IPA Students through a Scientific Approach in Integrated Science Courses. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71–84.
Lubis, M. A & Nashran, A. (2019). Pembelajaran Tematik di SD/MI (Implementasi Kurikulum 2013 Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Yogyakarta: Samudera Biru.
Lumbantobing, S. S., & Azzahra, S. F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4 . 0 melalui Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics). Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 393–400.
Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) dalam Pembelajaran Abad 21. Bio Education: (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 65–73.
Ode, W., Arisanti, L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD melalui Project Based Learning. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82–95.
Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118–127.
Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132–141.
Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3(2), 184–192.
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenata Media.
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.
Sari, N. D., & Setiawan, J. (2020). Papan Gekola sebagai Media Pembelajaran Matematika yang Inovatif dengan Pendekatan STEAM. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 3(1), 31–41.
Selasih, N. N. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di Era Globalisasi. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 4(2), 13–22.
Setiawan, D. (2017). Dika Setiawan, Pendekatan Saintifik dan Penilaian. Al-Asasiyya: Journal of Basic Education, 01(02), 34–46.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.
Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68.
Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129–136.
Waluyo, A., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Upaya Peningkatan Kreativitas Belajar dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui PBL-GI Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 1–10.
Yuliari, N. K. R., Sumiyati, & Hanim, W. (2020). Studi Literatur Pendekatan Pembelajaran STEAM Menyongsong Era Society 5 . 0. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar.