Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Interaktif dan Benda Kongkret pada Peserta Didik Kelas III SDN Keputran 06

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hadza Muhammad Amirul Bahar
Ika Septiana
Sudadi Sudadi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantu Media Interaktif dan Benda Kongkret. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain Mc. Taggart berbentuk spiral yang memiliki empat tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini seperti observasi, test, dokumentasi serta catatan lapangan. Dalam penelitian ini, instrument yang digunakan diantaranya yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), test, dokumentasi serta catatan kecil. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komporatif atay teknik analisis data dengan perbandingan antara pra siklus, siklus I dan siklus II. Sedangkan indikator dalam penelitian ini dalah 80% ketuntasan dengan nilai KKM > 75. Hasil dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Problem Based Learninig (PBL) berbantu media interaktif dan benda kongkret dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ini terbukti setelah peneliti menerapkan Problem Based Learning (PBL) berbantu media interaktif dan benda kongkret presentase ketuntasan pada hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pra siklus sebesar 31%, sedangkan siklus I mengalami peningkatan 69% dan pada siklus II mengalami peningkat 89%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Bahar, H. M. A., Septiana, I., & Sudadi, S. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Interaktif dan Benda Kongkret pada Peserta Didik Kelas III SDN Keputran 06. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 123-130. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i4.254

References

Athiya Luthfiani Rihani, Arifin Maksum & Nina Nurhasanah (2022) Studi Literatur : Media Interaktif Ispring Suite Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Volume 7 Nomor 2 Juli 2022 file:///C:/Users/user/Downloads/7702-26915-1-PB.pdf
Batubara hamdan husein. 2021. Cara mudah membuat media pembelajaran digital. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media
Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan media konkret pada pembelajaran tema lingkungan kelas III sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313-333.
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17-27.
Kemendikbud. 2014. Konsep Pendekatan Scientific. Kemendikbud. Jakarta.
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan alat peraga Matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar Matematika siswa sekolah dasar. Sarwahita, 11(1), 38-43.
Rika Wijaya, Niken Vioreza & Jan Binsar Marpaung (2021) berjudul Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III. file:///C:/Users/user/Downloads/PTK/URNAL/MEDIA%20KONGKRIT%20MINAT%20BELAAR%20MTK.pdf.
Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta : PSKGJ FKIP UMS.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Sandar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Sapto Budi Aji & Nani Mediatati (2021) Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5 Tahun 2021 Halm 2734 – 2740 file:///C:/Users/user/Downloads/PTK/URNAL/PENERAPAN%20PBL.pdf.
Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21
Septiana, Ika.dkk (2020). Aspek Kebahasaan Media Digital Pada Pembelejaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Scholar : International Proceeding of Innovative and Transdisciplinary Studies (IPISTRANS). http://eprints.upgris.ac.id/645/1/Aspek-Kebahasaan-Media-Digital-pada-Pembelajaran-Anak-Usia-Dini-di-Masa-Pandemi-Covid-19-_53-62_.pdf
Shoimah, R. N. (2020). Penggunaan media pembelajaran konkrit untuk meningkatkan aktifitas belajar dan pemahaman konsep pecahan mata pelajaran Matematika siswa kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1-18.
Siti Hawa, 2008. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD,. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya .
Sumantri, Muhamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Susanto Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Trianto. 2009. Mendisain Model-Model Pengajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
UU Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Sinar Grafika
Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.